Saturday, November 21, 2009

Sedekah Untuk Orang Yang Tidak Berharta

Diriwayatkan dari Rasulullah bahawa baginda ditanya Abu Dzar, "Bagaimana saya bersedekah sementara saya tidak berharta?" .

Maka baginda menjawab, "Salah satu pintu sedekah adalah mengucapkan takbir (Allah Akbar), tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), tahlil (Laailaha illah Allah), memohon ampun kepada Allah, memerintahkan kebaikan dan melarang kemungkaran, menyingkirkan duri dari jalan, menunjuki orang yang buta, tuli dan bisu hingga ia mengerti, membantu orang yang memerlukan bantuan dengan susah payah, menapaki jalan yang terjal untuk menolong orang-orang yang lemah, mengangkat beban yang berat untuk membantu orang-orang yang memerlukan bantuan. Ini adalah pintu-pintu sedekahmu yang kamu amalkan. Bahkan kamu berhubungan badan (menjima') dengan isteri juga terdapat pahala."

Abu Dzar bertanya, "Bagaimana saya mendapatkan pahala dalam melepaskan syahwat?"

Baginda menjawab, "Bagaimana menurutmu jika kamu mempunyai seorang anak dan sangat berharap balasannya tetapi ia meninggal, apakah kamu menyesal?"

Maka ia menjawab, "Ya"

Maka baginda berkata, "Apakah kamu yang menciptakan?"

Ia menjawab, "Allah yang menciptakan."

Baginda bertanya, "Apakah kamu yang memberinya petunjuk?"

Ia menjawab, "Allah yang memberinya petunjuk."

Baginda bertanya, "Apakah kamu yang memberinya rezeki?"

Ia menjawab, "Allah yang memberinya rezeki."

Baginda bersabda, "Maka dari itu, letakkan di tempat yang halal dan hindari yang haram. Jika Allah menghendaki, nescaya akan menghidupkannya; dan jika menghendaki, nescaya akan mematikannya, dan kamu tetap mendapat pahala."

(Hadis Riwayat Ahmad)

No comments: